Sabtu, 21 November 2015

PIANO DAN KEYBOARD


Banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara keyboard dengan piano. Pada dasarnya piano dengan keyboard merupakan alat musik yang sama sama menggunakan “tuts” untuk memainkannya. Banyak orang mengira bahwa bila bisa bermain piano dianggap sebagai orang yang jenius, musik klasik dan berkelas.

Tidak seperti keyboard yang dinilai sebagai alat musik yang biasa saja. Tapi dugaan seperti itu adalah salah. Memang jika dilihat dari harga piano jauh lebih mahal dari pada keyboard, bahkan hingga ratusan juta rupiah. Sedangkan keyboard hanya berkisar puluhan juta untuk yang paling mahal.

Namun, musik dalam keyboard jauh lebih bervariasi ketimbang piano. Keyboard dilengkapi dengan ratusan suara yang berbeda-beda. Terdapat metronome untuk meyesuaikan dengan tempo lagu yang diinginkan. Keyboard juga ada yang dapat menyimpan nada yang dimainkan, sehingga kita tidak mudah lupa dengan nada yang kita mainkan.

Sedangkan piano hanya memiliki satu suara saja. Tapi piano cenderung memiliki tuts yang lebih banyak dari keyboard sehingga oktaf dari sangat rendah hingga sangat tinggi dapat dicapai oleh piano. Karena piano didesain untuk dapat mengiringkan lagu secara utuh sehingga jangkauan tuts nya lebih panjang.

Untuk keyboard memang tuts nya tidak sepanjang piano, karena keyboard didesain untuk mengiringi musik secara berkelompok seperti band. Namun dengan adanya suara yang bervariasi, keyboard juga dapat mengiringi musik secara utuh walaupun jangkauan tuts nya lebih sedikit. Tuts pada piano pun lebih berat ditekan daripada tuts pada keyboard yang mudah ditekan.

Cara bermain piano dan keyboard pun tidak berbeda. Keduanya memiliki teknik yang sama. Jadi tidak masalah apakah keyboard ataupun piano. Jika pemain memahami cara bermainnya. Keyboard atau piano akan terdengar sama dan menjadi musik yang berkelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar