Kamis, 19 November 2015

10 NOVEMBER


Hari pahlawan adalah hari memperingati, mengingat, dan mengenang jasa-jasa para pahlawan pada saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia agar kita senantiasa menghargai dan menjaga apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan. Saat ini Indonesia telah mencapai 70 tahun kemerdekaannya sejak tanggal 17 Agustus 1995. Kita harus mengambila tauladan dari nilai-nilai perjuangan yang dibawa oleh para pahlawan.

Mengapa hari pahlawan diperingati tanggal 10 november 2015 ? tahukah anda? Pada tanggal 10 November 2015 adalah sejarah saat arek-arek suroboyo mempertahankan proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan berperang melawan NICA dan tentara inggris. Peperangan ini disebabkan oleh orang-orang belanda yang mengibarkan bendera merah putih biru di hotel Yamato, hal ini dianggap oleh arek-arek suroboyo sebagai penghinaan terhadap proklamasi yang terjadi pada 17 Agustus 1945. Maka pecahlah peperangan ini.

Pada tahun 1950-an, presiden pertama yaitu Ir.Soekarno menetapkan 10 november merupakan hari pahlawan hal ini berkat usulan dari Sumarsono. Sumarsono dulu ia adalah pimpinan tertinggi dari gerakan Pemuda Republik Indonesia(PRI). Dia pun ikut andil dalam peperangan di Surabaya tersebut.

Peperangan di Surabaya ini sangat identik dengan pahlawan yang bernama Sutomo atau Bung Tomo, beliau dikenal sebagai penyebar semangat arek-arek suroboyo yang namanya selalu di didengung-dengungkan setiap tanggal 10 november. Beliau dikenal sebagai Singa Podium yang pidatonya dapat membakar semangat jiwa muda untuk berjuang melawan NICA dan tentara inggris yang berusaha menjajah kembali Indonesia.

Mesikipun nama besar Bung Tomo selalu identic dengan 10 november, tahu kah kalian bahwa Bung Tomo baru dianggap sebagai pahlawan secara resmi pada tahun 2008? Ini disahkan melalui keputusan Presiden Nomor 041/TK/TH 2008. Tetapi saat ini Bung Tomo benar populer dan sangat dikenal sebagai pahlawan. Bahkan di tahun ini dibuat sebuah film animasi yang berjudul “Battle Of Surabaya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar