Kamis, 01 Oktober 2015

PERBEDAAN ANDROID M DENGAN ANDROID L

       Smarpthone Android Marsmallow adalah sistem operasi android generasi terbaru yaitu versi 6,0. Sementara Android Lolipop adalah sistem operasi android versi 5.0 sebelum Marsmallow yang mana Android Lolipop ini mayoritas pengguna smartphone masih menggunakannya karena belum semua dari jenis smartphone telah memiliki kapasitas untuk menggunakan sistem operasi Marsmallow. Tentu saja Android Marsmallow memiliki pembaharuan terbaru untuk menyempurnakan sistem operasi sebelumnya yang tidak di miliki oleh sistem operasi Lolipop.
Apa sajakah pembaharuan terbaru dari Android Marsmallow ? berikut ini adalah pembaharuan sistem operasi Marsmallow dari Lolipop.

  • ·         Pembaharuan Android Marshmallow yang pertama adalah memiliki Modus Doze yaitu sebuah teknologi terbaru yang mampu memperkecil konsumsi daya baterai ketika berada pada kondisi standby atau mode tidur. Cara kerja fitur ini tidak jauh berbeda dengan fitur penghemat baterai yang di miliki smartphone Sony, Huawei, maupun Samsung, yaitu dengan cara menonaktifkan sebagain besar aplikasi background. Terbukti Modus Doze sangat efektif untuk menghemat daya baterai pada sistem operasi Android Marshmallow, dan untuk mengaktifkannya cukup melakukan pengaturan pada menu setting.
  • ·         USB Type C konektor jenis baru ini, memang baru diaplikasikan pada sedikit perangkat smartphone Android, seperti OnePlus 2 dan Lenovo Zuk Z1. USB Type-C sudah di dukung sepenuhnya pada sistem operasi Android Marshmallow, sehingga memungkinkan pengisian baterai lima kali lebih cepat di bandingkan memakai konektor microUSB tipe biasa. Selain itu, Android Marshmallow juga dapat mengisi smartphone lain pada waktu yang sama, atau bisa di katakan memiliki fungsi sebagai sebuah powerbank.
  • ·         Android Pay adalah pembaharuan dari Android Marshmallow yang paling di unggulkan Google untuk bersaing melawan Apple. Teknologi pembayaran digital yang memanfaatkan koneksi Near field communication (NFC) telah sepenuhnya berjalan lancar pada sistem operasi Android V6.0, dan siap untuk berasing melawan Apple Pay yang terlebih dahulu di komersilkan pihak Apple. Android Pay siap di luncurkan di beberapa negara Asia Tenggara, dan tak menutup kemungkinan akan segara hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini.
  • ·         Sensor Sidik Jari, namun Google belum melakukan standarisasi dukungan terhadap sensor sidik jari pada sistem oprerasi Android. Maka setiap smartphone yang memakainya memiliki spesifikasi dan kemampuan berbeda-beda. Namun dengan hadirnya Android Marsmallow, di harapkan semua vendor smartphone yang memberikan standarisasi pemindai sidik jari yang siap mengoptimalkan keamanan pada fitur Android Pay dan data-data yang tersimpan pada Android berbasis Android Marshmallow.
  • ·         Peningkatan fitur App Permision yang memungkinkan pengguna Smartphone Android untuk mengatur ijin sebuah aplikasi dengan cara menekan tombol Allow atau Deny. Fitur ini akan mempermudah dalam mengatur aplikasi yang berjalan pada background processor, sehingga kebutuhan memori Ram akan tetap terjaga.
  • ·         Android Marshmallow juga membawa fitur Auto Backup yang memungkinkan smartphone untuk menyimpan user data dan pengaturan dari aplikasi ataupun permainan ke dalam Google Drive. Itu artinya, saat melakukan hard riset atau mengganti smartphone baru, maka aplikasi dan permainan yang di miliki akan kembali bisa di pakai lengkap dengan pengaturan pada smartphone sebelumnya, dengan terlebih dahulu melakukan sign-in ke akun Google.
  • ·         Google Now aplikasi yang siap memberikan beragam informasi lewat perintah suara, kini bisa di aktifkan dengan cara menekan tombol home beberapa saat, lalu secara otomatis sobat bisa langsung melakukan perintah suara untuk mencari informasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar