Sabtu, 17 Oktober 2015

RESENSI : SEJARAH ANIMASI MICKEY MOUSE



IDENTITAS


JUDUL ANIMASI                 : Mickey Mouse
TAHUN                                : 1928 s/d Sekarang
PEMBUAT                           : Walt Disney, Ub Iwerks
PENGEMBANG                   : Floyd Gottfredson, Les Clark, Fred Moore




Mickey Mouse ini dimulai dari lahirnya film animasi pertama berjudul ‘Humorous Phases of Funny Faces’. Film ini dibuat tahun 1906 oleh kartunis Amerika, J Stuart Blacton. Film ini mempertemukan Stuart dengan Walt Disney yang pada tahun 1919 bikin kartun berjudul Ub Iwerks. Pertemuan keduanya lantas memunculkan ide untuk membangun bisnis.
Gambar 1.1. Humorous Phases of Funny Faces
Gambar 1.1. Humorous Phases of Funny Faces

Video 1.1 Humorous Phases of Funny Faces



Tahun 1923 The Walt Disney Company didirikan. Dari perusahaan inilah pada tahun 1927 kemudian muncul ide untuk membuat kartun lucu dengan tokoh tikus. Maka lahirlah kartun berjudul ‘Mortimer Mouse. Kemudian istri Walt, Lillian, meyakinkan bahwa nama judul itu akan lebih bagus kalau diganti Mickey Mouse. Lillian berhasil, maka Mortimer Mouse kemudian berubah nama jadi Mickey Mouse.


               Gambar 1.2. Mickey Mouse 1928




18 November 1928 ditorehkan sebagai tanggal peluncuran perdana film kartun atau animasi dengan dialog pertama Mickey Mouse. Karya tersebut berjudul 'Steamboat Willie'. 


Video 1.2. Steamboat Willie

'Steamboat Willie' adalah film animasi pendek Amerika tahun 1928, disutradarai oleh Walt Disney dan Ub Iwerks. Karya ini diproduksi dalam warna hitam-putih oleh Walt Disney Studios dan dirilis oleh Celebrity Productions. Kartun ini dianggap debut Mickey Mouse dan pacarnya Minnie.

Film 'Steamboat Willie' Mickey Mouse tayang perdana di Universal Colony Theater di New York City, Amerika Serikat. Debut itu dipublikasikan oleh Celebrity Productions dan berlangsung selama 2 minggu.

Selama sepekan, Disney dibayar US$ 500 atau sekitar Rp 6,1 juta. Jumlah bayaran tersebut cukup besar pada era tersebut. Ketika itu 'Steamboat Willie' bersanding dengan film independen bertajuk 'Gang War'. Saat film yang bintang utamanya Mickey Mouse menjadi hits, saingannya malah terlupakan.

Keberhasilan 'Steamboat Willie' tidak hanya menyebabkan ketenaran di dunia internasional untuk Walt Disney, tapi juga bagi sosok Mickey Mouse. Menurut Roy O. Disney, Walt Disney terinspirasi untuk membuat kartun suara setelah menonton The Jazz Singer (1927).

Setelah itu perusahaan film itu berniat untuk menjadikan Mickey Mouse sebagai karakter baru untuk menggantikan 'Oswald the Lucky Rabbit'.

Gambar 1.3. Oswald the Lucky Rabbit


Video 1.3. Oswald the Lucky Rabbit





           Dua film pertama Mickey Mouse yang di produksi versi bisu 'Plane Crazy' dan 'The Gallopin 'Gaucho' gagal mengesankan penonton dan mendapatkan distributor. Disney percaya bahwa menambahkan suara ke kartun akan sangat meningkatkan daya tariknya.



Video 1.4. Plane Crazy

Video 1.5. The Gallopin 'Gaucho'

'Steamboat Willie' adalah produksi kartun ketiga film Mickey Mouse. Pada 18 November 1928 tersebut sosok Mickey Mouse sudah sangat terkenal dan digemari. Merchandisenya pun sudah mulai banyak beredar. Saat itu pula lahir Mickey Mouse Club, yang menjadi wadah para penggemar kartun tersebut.

Di tahun 1935, seorang animator muda bernama Fred Moore menyempurnakan karakter Mickey Mouse. Dengan sentuhan sedikit si sana-sini, karakter Mickey Mouse makin kuat.



1.4. Evolusi Mickey Mouse



Dan di tahun ini pula, Mickey Mouse untuk pertama kalinya tampil dalam film berwarna. Karena selama ini banyak melihat sosok Mickey Mouse dalam warna hitam-putih, publik banyak mengritik tampilan Mickey Mouse yang berwarna. Namun akhirnya mereka nyaman.


Perkembangan Mickey Mouse semakin positif. Pada tahun 1937, Disney Studio membuat sekitar 12 serial pendek Mickey Mouse. Dan suara Mickey Mouse dibuat sedikit melengking. Respons publik terus bertambah positif. Di tahun 1950, Mickey Mouse punya taman hiburan, dan koran berisi komik strip. Kemudian The Mickey Mouse Club juga semakin sering muncul di televisi.


Keberadaan The Mickey Mouse Club ini rupanya juga memberi banyak manfaat bagi para anggotanya. Kemunculan wadah ini di berbagai siaran televisi menjadikan para anggotanya juga dikenal publik. Dari klub ini lahir beberapa bintang muda seperti Annette Funicello dan Justin Timberlake.


Selain menyajikan Mickey Mouse, Disney juga banyak membuat film-film animasi yang lain. Hal ini menjadikan nama Mickey Mouse sempat redup. Barulah pada tahun 1980-an awal nama ini dibangkitkan lagi dengan serial-serial baru. Begitu dibangkitkan lagi, ternyata brand awareness Mickey Mouse langsung menanjak, meksi hanya menyentuh angka 98 persen dari masa keemasannya.


Karakter Mickey Mouse menjadi kekuatan yang sangat dominan untuk mendukung bisnis Walt Disney. Di tahun 1997, setelah mengalami pasang surut, Mickey Mouse masih mampu menyubang sekitar 40 persen pendapatan Disney. Hingga saat ini, karakter tersebut masih saja diingat banyak orang, meski tak sekuat sebelumnya. Hingga kini Mickey Mouse terakhir dibuat pada tahun 2009.
1.5. Mickey Mouse 2009


Siapakah “Dubber” dari Mickey Mouse?

Desain Mickey Mouse dulu memiliki mata yang sangat besar hingga hampir sebesar kepalanya, kepala yang lonjong, dan juga celana yang terlihat sangat besar dibanding tubuhnya. Sedangkan Mickey Mouse sekarang lebih memiliki memiliki kesan imut dan juga lebih lucu, kepala yang lebih bulat, dan celana yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Awalnya pada tahun 1928 mickey mouse di suarakan oleh Walt Disney sendiri, Namun, pada tahun 1946, Disney menjadi terlalu sibuk, dia tidak bisa menyuarakan Mickey lagi (karena kebiasaan merokok telah merusak suaranya selama bertahun-tahun), kemudian suara Mickey diserahkan kepada veteran Disney musisi dan aktor Jimmy MacDonald yang kemudian pensiun pada tahun 1970-an. Kemudian Mickey Mouse di suarakan oleh Alan Young pada tahun 1974. Pada tahun 1983 film pendek Mickey Christmas Carol menandai debut teater almarhum Wayne Allwine sebagai Mickey Mouse, yang merupakan suara Mickey sampai kematiannya pada tahun 2009. Pada tahun 2009 hingga saat ini Mickey di suarakan oleh Bret Iwan.




Bagaimanakah cara membuat animasi Mickey Mouse ? dibawah ini adalah ulasan pembuatan animasi Walt Disney pada tahun 1928.



Video 1.6. Pembuatan Animasi


Terlihat bagaimana dalam video. tehnik-tehnik pembuatan film Disney pada saat itu benar-benar masih manual karena keterbatasan teknologi. Tahapan membuatnya adalah

  1. Sebuah latar cerita dibuat dengan melibatkan semua animator dan direktur untuk membahas keseluruhan film.
  2. Menyajikan latar cerita sebagai sebuah cerita.
  3. Setelah cerita ini ditata, dialog dicatat. Hal ini dilakukan sebelum proses pembuatan animasi, sehingga animator tahu apa yang akan karakter katakan yang akan menentukan ekspresi karakter.
  4. Setelah dialog dicatat, animator dapat membuat sketsa kasar karakter. Biasanya gambar ini cukup berantakan, masih belum ada warna maupun latar belakang. Beberapa film animasi telah menggunakan lebih dari 50.000 gambar individu. Pada kebanyakan studio animasi, animator terbaik hanya menggambar beberapa sketsa animasi,yang tentu saja menimbulkan kesenjangan diantaranya. Kemudian, seseorang yang disebut "inbetweener" akan menyelesaikan adegan dengan menggambar daerah yang disisakan oleh animator terbaik.                                                             
  5. Setelah Keseluruhan film telah digambar diatas kertas, selanjutnya ke bagian pelukisan. Disana seorang inker menyalin gambar animasi ke dalam sebuah cel atau celluloid acetate.
  6. Setelah garis besar karakter selesai dibuat. Sel yang belum selesai dibawa ke pelukisan. Pelukis membalik sel atas dan melukisnya dibelakang. Mereka melukis di bagian belakang gambar sehingga karakter tetap fresh dan memiliki garis.
  7. Sebelum sel animasi difoto,harus ditambahkan latar belakang terlebih dahulu. Kareta jika tidak memiliki latar belakang maka karakter tidak akan terlihat nyata. Biasanya latar belakang di lukis dengan cat air. Meskipun, dalam beberapa produksi isney, latar belakang di cat pada kaca, dan di kombinasikan dengan dengan latar bekang dengan kaca lain untuk menghasilkan ilusi gerakan ekstrim.(teknik ini digunakan pada film putri salju dan tujuh kurcaci).
  8. Sekarang menggabungkan semua elemen latar belakang dengan karakter bisa difoto. Meskipun, produk jadi nya tidak difilmkan dengan proyektor atau kamera. Sebuah perangkat khusus dengan lensa yang dipasang menghadap ke atas dan ke bawah meja yang menangkap setiap frame dari fitur animasi. Biasanya, latar belakang ditempatkan ke dalam tempat khusus, kemudian ditutupi dengan cell, kemudian ditutup dengan kaca, lalu difoto.
  9. Setelah semua gambar di film kan, dialog ditambahkan. Kadang-kadang film di edit pada langkah ini.
  10. Film animasi telah selesai, dan masyarakat dapat melihatnya.




  • REFRENSI   :

                                    http://bit.ly/1QGMjii
                                    http://bit.ly/1Lhlrmc
                                    http://bit.ly/1XcyQT3
                                    http://bit.ly/1PqfJUd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar